Pramuka

Ekskul Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang bertujuan membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang beriman, disiplin, mandiri, berjiwa patriotik, dan memiliki keterampilan hidup melalui aktivitas alam terbuka seperti kemping, baris-berbaris, dan tali-temaliMeskipun sempat menjadi ekstrakurikuler sukarela, Pramuka tidak lagi menjadi wajib secara tunggal, namun tetap menjadi bagian penting dari upaya pendidikan karakter di Indonesia. 

Tujuan dan Manfaat Ekskul Pramuka
    • Membentuk Karakter: 
      Mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian sosial. 

  • Mengembangkan Kepemimpinan: 
    Memupuk jiwa kepemimpinan, kemampuan bekerja sama, dan semangat gotong royong. 

  • Meningkatkan Kemandirian: 
    Membiasakan siswa untuk mandiri dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. 

  • Mengembangkan Keterampilan: 
    Mengajarkan keterampilan dasar seperti tali-temali, sandi, dan kemampuan bertahan hidup. 

  • Memupuk Kecintaan pada Alam: 
    Menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar. 

Kegiatan dalam Ekskul Pramuka
Kegiatan Pramuka bervariasi namun umumnya mencakup: 

  • Aktivitas Alam Terbuka: Seperti kemping, perkemahan, dan kegiatan di alam.
  • Keterampilan Kepramukaan: Meliputi baris-berbaris, tali-temali, dan membaca sandi.
  • Permainan dan Simulasi: Aktivitas yang menyenangkan sekaligus mendidik.
  • Proyek Sosial: Kegiatan yang berkaitan dengan bakti sosial dan membantu masyarakat.
Status Pramuka di Sekolah
  • Perubahan Status Wajib: 
    Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 mengubah status Pramuka dari wajib menjadi sukarela. 

  • Pentingnya Pendidikan Karakter: 
    Meski bukan lagi wajib, Pramuka tetap penting sebagai sarana pengembangan karakter siswa sesuai profil Pelajar Pancasila dan untuk meningkatkan ketangguhan serta kedisiplinan generasi muda. 

Marching Band

Marching band adalah sekelompok musisi instrumental yang memainkan musik sambil berbaris secara terkoordinasi dan membentuk berbagai formasi visual. Kegiatan ini memadukan unsur seni musik dan seni gerak, sehingga membutuhkan kedisiplinan dan kerja sama tim yang tinggi. 
Marching band sering tampil di berbagai acara, seperti:
  • Parade dan karnaval.
  • Upacara bendera di sekolah.
  • Pertunjukan paruh waktu dalam pertandingan olahraga, terutama sepak bola.
  • Berbagai kompetisi tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Marawis

Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse vultis. Quid Zeno? An vero displicuit ea, quae tributa est animi virtutibus tanta praestantia? Primum cur ista res digna odio est, nisi quod est turpis? Ad eas enim res ab Epicuro praecepta dantur. Quicquid enim a sapientia proficiscitur, id continuo debet expletum esse omnibus suis partibus; Ut optime, secundum naturam affectum esse possit.

Nummus in Croesi divitiis obscuratur, pars est tamen divitiarum. Quamvis enim depravatae non sint, pravae tamen esse possunt. Idemque diviserunt naturam hominis in animum et corpus. Transfer idem ad modestiam vel temperantiam, quae est moderatio cupiditatum rationi oboediens. Immo alio genere; Illa sunt similia: hebes acies est cuipiam oculorum, corpore alius senescit; Potius ergo illa dicantur: turpe esse, viri non esse debilitari dolore, frangi, succumbere. Duae sunt enim res quoque, ne tu verba solum putes.

Paskibra

Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse vultis. Quid Zeno? An vero displicuit ea, quae tributa est animi virtutibus tanta praestantia? Primum cur ista res digna odio est, nisi quod est turpis? Ad eas enim res ab Epicuro praecepta dantur. Quicquid enim a sapientia proficiscitur, id continuo debet expletum esse omnibus suis partibus; Ut optime, secundum naturam affectum esse possit.

Nummus in Croesi divitiis obscuratur, pars est tamen divitiarum. Quamvis enim depravatae non sint, pravae tamen esse possunt. Idemque diviserunt naturam hominis in animum et corpus. Transfer idem ad modestiam vel temperantiam, quae est moderatio cupiditatum rationi oboediens. Immo alio genere; Illa sunt similia: hebes acies est cuipiam oculorum, corpore alius senescit; Potius ergo illa dicantur: turpe esse, viri non esse debilitari dolore, frangi, succumbere. Duae sunt enim res quoque, ne tu verba solum putes.

Seni

Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse vultis. Quid Zeno? An vero displicuit ea, quae tributa est animi virtutibus tanta praestantia? Primum cur ista res digna odio est, nisi quod est turpis? Ad eas enim res ab Epicuro praecepta dantur. Quicquid enim a sapientia proficiscitur, id continuo debet expletum esse omnibus suis partibus; Ut optime, secundum naturam affectum esse possit.

Nummus in Croesi divitiis obscuratur, pars est tamen divitiarum. Quamvis enim depravatae non sint, pravae tamen esse possunt. Idemque diviserunt naturam hominis in animum et corpus. Transfer idem ad modestiam vel temperantiam, quae est moderatio cupiditatum rationi oboediens. Immo alio genere; Illa sunt similia: hebes acies est cuipiam oculorum, corpore alius senescit; Potius ergo illa dicantur: turpe esse, viri non esse debilitari dolore, frangi, succumbere. Duae sunt enim res quoque, ne tu verba solum putes.

Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse vultis. Quid Zeno? An vero displicuit ea, quae tributa est animi virtutibus tanta praestantia? Primum cur ista res digna odio est, nisi quod est turpis? Ad eas enim res ab Epicuro praecepta dantur. Quicquid enim a sapientia proficiscitur, id continuo debet expletum esse omnibus suis partibus; Ut optime, secundum naturam affectum esse possit.

Nummus in Croesi divitiis obscuratur, pars est tamen divitiarum. Quamvis enim depravatae non sint, pravae tamen esse possunt. Idemque diviserunt naturam hominis in animum et corpus. Transfer idem ad modestiam vel temperantiam, quae est moderatio cupiditatum rationi oboediens. Immo alio genere; Illa sunt similia: hebes acies est cuipiam oculorum, corpore alius senescit; Potius ergo illa dicantur: turpe esse, viri non esse debilitari dolore, frangi, succumbere. Duae sunt enim res quoque, ne tu verba solum putes.